PENGELOLAAN POSYANDU

 




Assalam'alaikum warohmatullohi wabaroaktuh, Salam sejahtera untuk semua....

Ngapunten, kali ini saya akan membahas sedikit apa itu Posyandu, siapa kader Posyandu dan apa tugas-tugasnya...

Sedikit tulisan dan silakan di unduh buku yang ada di Link bawah, semoga bermanfaat...

Apa itu Posyandu...?

    Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat

    Kader posyandu adalah anggota masyarakat yang diberikan keterampilan untuk menjalankan posyandu (Nurpudji, 2010). Peran kader secara umum adalah melaksanakan kegiatan pelayanan dan mensukseskan bersama masyarakat serta merencanakan kegiatan pelayanan kesehatan tingkat desa.

    Tugas kader Posyandu : Melakukan pendaftaran, yang meliputi pendaftaran balita, ibu hamil (Bumil), ibu nifas, ibu menyusui, dan sasaran lainnya. 2. Menyelenggarakan Pelayanan kesehatan ibu dan anak.

    Tentu banyak hal yang harus di lakukan oleh kader Posyandu, mulai mengumumkan jadwal kepada sasaran di wilayah posyandunya dan mempersiapkan semua perlengkapan yang ada di Posyandu, mulai dari Buku-buku dan perlengkapan nya seperti , meja , kursi, Alat artopometri baik Timbangan dan pengukur tinggi badan semua sasaran baik Balita dan Ibu Hamil.

    Selain itu juga yang menjadi tugasnya adalah Transformasi pelayanan kesehatan di posyandu saat ini fokus pada 5 langkah, yaitu: pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan dan pemeriksaan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan, serta validasi dan sinkronisasi data hasil pelayanan.

Bila membutuhkan Literasi, silakan klik ;

Buku Pedoman Pengeloalaan Posyandu ( DI SINI )

Selamat bertugas kepada seluruh kader Posyandu di mana saja, 

Salam sehat dan jangan Lelah untuk mencintai Indonesia dan semoga semua pekerjaan kita bernilai akhirat.

Salam BKKBN ( Berencana itu keren )

Asslamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.



SAMSI JEMBER BERBUAT BAIK JANGAN SEKALI DAN BERBUAT JAHAT BAIK SEKALI

0 Response to "PENGELOLAAN POSYANDU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel