PERAN BKKBN DALAM PENANGANAN STUNTING



BKKBN sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki mandat untuk pengendalian penduduk sesuai Undang - Undang Nomor 52 Tahun 2009, memandang perlu untuk menyelenggarakan diskusi untuk mengumpulkan masukan untuk pembuatan telaah kependudukan dalam Kerangka Pembangunan Nasional menuju Indonesia Emas 2045.
 Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional yang selanjutnya disebut Badan adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana.

Bagaimana peran BKKBN dalama penanganan Stunting ...?
Peran BKKBN dalam Percepatan penurunan Stuning adalah sebagai Koordinator pelaksana dari Pusat samapai tingkat desa.

Apakah Stunting itu....?
Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.( Perpres No. 72 tahun 2021 ).

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyebut angka stunting di Indonesia masih mencapai 24,4 persen. Angka ini masih berada di atas standar yang ditetapkan oleh WHO yaitu 20 persen.
Hasto Wardoyo mengatakan berdasar hasil survei, angka stunting di Indonesia mengalami penurunan tapi masih 24,4 persen dari keseluruhan jumlah balita 23 juta anak.
"Data berdasar survei 24,4 persen. Jumlah balita 23 juta lebih sedikit. Jadi masih 6,1 jutaan. Standar WHO 20 persen," kata Hasto di sela acara Rencana Aksi Nasional percepatan penurunan stunting (Ran Pasti), Baca artikel detikjateng, "Angka Stunting di Indonesia 24,4%, BKKBN: Melebihi Standar WHO" selengkapnya https://www.detik.com/jateng/berita/d-5963721/angka-stunting-di-indonesia-244-bkkbn-melebihi-standar-who.

Ada beberapa materi berkaitan dengan Stunting bagi Kader Pelaksana di Lapangan yang dapat di unduh pada Link di bawah ini.

1. Peraturan Presiden RI no. 72 Tahun 2021. DISINI

2. Buku Pintar Stunting, DISINI

3. Buku Pengasuhan Balita, DISINI

Selamat berjuang untuk mengentaskan Stunting di Indonesia secara Konvergensi , dan
Salam BKKBN


SAMSI JEMBER BERBUAT BAIK JANGAN SEKALI DAN BERBUAT JAHAT BAIK SEKALI

0 Response to "PERAN BKKBN DALAM PENANGANAN STUNTING "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel