IPNU/IPPNU, Wawasan Kebangsaan dan Belan Negara

 

Assalaamu'alaikum warohmatullohiwabarokatuh, 

Salam Sehat tetap Jaga Iman dan Imun dengan menerapkan Prokes dengan 5 M ( Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi Mobilitas ), dan semoga Allah Yang Kuasa di atas segala segera mengangkat wabah ini dengan secepat-cepatnya, Aamiin...

Sedikit materi ini di buat untuk Acara Makesta ( Masa Kesetiaan Anggota ) IPNU ( Ikatan Pelajar Nahdlatul 'Ulama ) dan IPPNU ( Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul 'Ulama ) Kecamatan Jenggawah dengan tema Sejarah Indonesia dan NU dalam bingkai Wasbang dan Bela Negara.

Secara singkat, Indonesia dijajah dimulai dari Portugis saat pertama tiba di Malaka pada tahun 1509.

Untuk bangsa Indonesia melakukan berbagai perlawanan terhadap Portugis. Salah satu perlawanan yang menonjol adalah dari Fatahillah berasal dari Demak dan berhasil merebut Sunda Kelapa dari Portugis.

Belanda menguasai Indonesia selama 350 tahun, pemerintahan Belanda di Indonesia digantikan oleh Jepang. Pada saat Belanda menyerang, mereka menyerah tanpa syarat kepada Jepang dengan melakukan perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Masa pendudukan Jepang ini selama 3,5 tahun dengan rentan waktu pada tahun 1942 dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945.

Bagaimana, peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia ?

sejak kedatangan jepang, peran NU semakin diperhitungkan. Jepang yang kala itu sedang membutuhkan basis massa untuk membantu Jepang dalam Perang Pasifik, dan Tokoh NU juga terlibat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sehingga terlibat langsung dalam perumusan pernyataan kemerdekaan.

Dan bagamana peran- peran NU dan seluruh Banomnya dalam mempertahankan NKRI ? Selanjutnya simak Materinya DI SINI


SAMSI JEMBER BERBUAT BAIK JANGAN SEKALI DAN BERBUAT JAHAT BAIK SEKALI

0 Response to "IPNU/IPPNU, Wawasan Kebangsaan dan Belan Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel