Persiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja ( PKBR ) / Calon Pengantin

 


Assalamu'alaikum warohmatullohiwabarokatuh....

Hai...gaes..Tetap semangat dan tetap sehat ya...? Di masa pandemi Covid 19 ini tetap patuhi anjuran Pemerintah dengan 3 M ya..? Yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Kali ini akan kita bahas tentang beberapa hal yang harus di siapkan para Calon Pengantin tentang pentingnya beberapa hal yang harus di siapkan sebelum memasuki Gerbang perkawinan, karena perkawinan adalah merupakan awal dari sebuah proses kehidupan, dan dalam agama di sebutkan untuk menyempurnakan ibadah. Beberapa pengertian untuk di ketahui oleh Sobat Calon Pengantin antara lain :

1. Apa pengertian dan tujuan perkawinan? Pernikahan atau perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan  membentuk keluarga atau  rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Bagaimana hukum perkawinan di Indonesia? Berdasarkan Pasal 2 ayat (1), perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya. Serta Pasal 2 ayat 2), menyatakan tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundangan yang berlaku sehingga setiap perkawinan harus tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

3. Apa saja hak dan kewajiban suami dan istri? Dalam UU Perkawinan ada bab tersendiri yang mengatur mengenai Hak dan Kewajiban Suami-Istri, yaitu berdasarkan UU No. 1 Tahun 1974, suami istri memiliki hak dan kewajiban salah satu di antaranya sebagai berikut : Suami istri wajib saling cinta mencintai, hormat menghormati, setia, dan memberikan bantuan lahir batin yang satu pada yang lain.

Tentunya ada banyak hal yang harus di ketahui oleh para Calon Pengantin, diantaranya adalah :

1. Penanaman nilai-nilai 8 fungsi keluarga,

2. Perencanaan persiapan perkawinan

3. Bagaimana menjadi orang tua hebat,

4. Manajemen konfilk dalam berkeluarga,

5. Manajemen Keuangan,

6. Kesehatan Reproduksi, dan

7. Keluarga Berencana.

Untuk lebih detailnya materinya silakan untuk unduh DISINI


SAMSI JEMBER BERBUAT BAIK JANGAN SEKALI DAN BERBUAT JAHAT BAIK SEKALI

0 Response to "Persiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja ( PKBR ) / Calon Pengantin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel